Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 19 Aceh Besar.

Sarah Anjelita, 190209107 (2024) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 19 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik] Text (Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik)
Sarah Anjelita,190209107, FTK, PGMI, 082249557938.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penggunaan model yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang aktif, tidak hanya terfokus pada aktivitas guru, tetapi juga pada aktivitas siswa. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dan mampu menerapkan model yang sesuai dengan materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Bagaimanakah aktivitas guru melalui Penerapan Model Problem Based Learning di kelas V MIN 19 Aceh Besar ? (2) Bagaimanakah aktivitas siswa melalui Penerapan Model Problem Based Learning di kelas V MIN 19 Aceh Besar ? (3) Bagaimanakah hasil belajar siswa terhadap Penerapan Problem Based Learning di kelas V MIN 19 Aceh Besar ?. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas V MIN 19 Aceh Besar yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta melalui tes. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru siklus I sudah mencapai kategori baik yaitu dengan nilai (71,87%), pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (85,93%) dengan kategori sangat baik, dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan nilai (96,87%) dengan kategori sangat baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori cukup dengan nilai (68,75%), untuk siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (81,25%) dengan kategori sangat baik, dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan nilai (93,75%) dengan kategori sangat baik. Untuk hasil tes kemampuan hasil belajar siswa siklus I siswa yang tuntas 13 siswa dengan persentase (54,16%) tergolong kurang, siklus II mengalami peningkatan siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa (79,16%) tergolong baik dan untuk siklus III mengalami peningkatan siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa (91,66%) tergolong sangat baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sarah Anjelita Sarah
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:37
Last Modified: 28 Feb 2024 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35741

Actions (login required)

View Item
View Item