Model Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Institut Tgk. Chiek Oemar Diyan Aceh Besar (Studi Deskriptif Analitis)

Ramadhaiana, 190202037 (2023) Model Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Institut Tgk. Chiek Oemar Diyan Aceh Besar (Studi Deskriptif Analitis). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah  Institut Tgk. Chiek Oemar Diyan Aceh Besar (Studi Deskriptif Analitis)] Text (Model Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Menengah Institut Tgk. Chiek Oemar Diyan Aceh Besar (Studi Deskriptif Analitis))
skripsi siap semua ramadhaiana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan model pembelajaran Bahasa Arab di MTsS Ma’had Tgk. Chiek Oemar Diyan Aceh Besar, dan untuk mengetahui respon siswa dalam pelaksanaan model pembelajaran bahasa Arab di sekolah menengah pertama Institut Tenko Shek Omar Dian Aceh Besar. Institut MTsS Ma’had Tgk. Chiek Oemar Diyan Aceh Besar. Dalam penelitian ini, metodologi penelitian yang peneliti gunakan adalah deskriptif dan analitis, peneliti menyajikan kertas wawancara dan kuesioner sebagai alat penelitian. Adapun hasil peneletian adalah model pembelajaran Bahasa Arab yang digunakan di MTsS Ma’had Tgk. Chiek Oemar Diyan Aceh besar adalah model Indoor dan Outdoor. Model pembelajaran Indoor adalah proses belajar mengajar yang berlangsung di dalam kelas, Sedangkan untuk eksternal (Outdoor) adalah pembelajaran di alam terbuka atau di luar kelas. Adapun langkah-langkah kegiatan untuk melakukan model ini adalah pemberian kosa kata, pertukaran percakapan antara dua orang atau lebih, mahkamah bahasa, ceramah atau pelatihan pidato, menonton film bahasa Arab. Adapun hasil respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran bahasa Arab di MTsS Ma’had Tgk. Chiek Oemar DiyanAceh Besar ditemukan bahwa 37,82% siswa perempuan menjawab dengan jawaban sangat setuju, dan 38,26. % siswi setuju dengan jawaban, dan 14,78% siswi setuju, pasti menjawab tidak setuju, dan 8,26% sangat tidak setuju. Data tersebut menunjukkan bahwa respon siswa positif dengan persentase skor 76,08% lebih banyak dari persentase negatif 23,04%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ramadhaiana Rama
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:45
Last Modified: 28 Feb 2024 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35746

Actions (login required)

View Item
View Item