Eksistensi Tarekat Naqsyabandiyah di Pesantren Darul Muta’allimin Kabupaten Aceh Singkil

Hasna, 190301045 (2023) Eksistensi Tarekat Naqsyabandiyah di Pesantren Darul Muta’allimin Kabupaten Aceh Singkil. Masters thesis, Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tarekat Naqsyabandiyah, Darul Muta’allimin] Text (Tarekat Naqsyabandiyah, Darul Muta’allimin)
Hasna, 190301045, FUF, AFI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Tarekat Naqsyabandiyah di Pesantren Darul Muta’allimin diperkenalkan oleh Syeikh Haji Bahauddin Tawar. Jama’ah melaksanakan suluk tarekat Naqsyabandiyah adalah upaya untuk memperoleh keampunan dan untuk meraih ridho Allah SWT. Jama’ah yang datang tidak hanya dari Kabupaten Aceh Singkil. Namun, terdapat juga dari luar Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini mengkaji bagaimana eksistensi tarekat Naqsyabandiyah di Pesantren Darul Muta’allimin Kabupaten Aceh Singkil.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif dan fenomenologis. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi tarekat Naqsyabandiyah di Pesantren Darul Muta’allimin Kabupaten Aceh Singkil ini diterima baik oleh masyarakat dari berbagai latar belakang. Tarekat ini telah masyhur di daerah Aceh Singkil dan di luar Aceh Singkil yang keberadaannya bersamaan dengan suluk. Ciri khas pengamalan zikir tarekat Naqsyabandiyah yaitu zikir yang diucapkan dalam hati/qalb yang pada dasarnya memiliki kesamaan dengan beberapa amalan-amalan dalam ajaran tarekat Naqsyabandiyah secara umum. Dengan demikian, tarekat ini mengalami kemajuan dan mampu mempertahankan eksistensi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.1 Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Hasna Hasna
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:04
Last Modified: 28 Feb 2024 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35754

Actions (login required)

View Item
View Item