Praktek Perlawanan Kelompok Kritis Terhadap Pemberlakuan Syariat Islam

Milda Fitria, 140305106 (2024) Praktek Perlawanan Kelompok Kritis Terhadap Pemberlakuan Syariat Islam. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Praktek Perlawanan Kelompok Kritis Terhadap Pemberlakuan Syariat Islam.pdf] Text
Praktek Perlawanan Kelompok Kritis Terhadap Pemberlakuan Syariat Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aceh sebagaimana yang kita ketahui dari dulu memiliki permasalahan yang komplek. Dari dikenal dengan salah satu daerah yang memiliki angka kemiskinan tertinggi, pengangguran, Tsunami, hingga konflik. Sampai lahirlah Syariat Islam sebagai suatu rumusan baru untuk menyelesaikan masalah-masalah masyarakat Aceh. Syariat Islam yang sudah di rumuskan sedemikian rupa, dengan Qanun-Qanun yang telah dilahirkan dan diatur oleh Pemerintah Aceh, menjadi harapan baru bagi masyarakat Aceh untuk menjadikan Aceh yang lebih baik. Namun, masalah mulai terlihat ketika Qanun-Qanun tersebut diimplementasikan dikalangan masyarakat. Banyak masyarakat kritis yang menganggap Syariat Islam yang berlaku di Aceh saat ini hanya terfokus pada aspek penghukumannya. Sedangkan pada dasarnya, fungsi dan tujuan pemberlakuan Syariat Islam di Aceh adalah memastikan masyarakatnya mendapatkan kesejahterahan, kedamaian, dan keadilan. Jadi tujuan penelitian ini adalah karena penulis ingin menjadi penghubung antara masyarakat dan pemerintahan. Menyampaikan bagaimana pandangan dan masukan masyarakat terhadap rumusan baru yang dilahirkan oleh pemerintah, agar Pemerintahan Aceh saat ini bisa menjadi sebuah pemerinahan yang lebih baik dan lebih menjawab kebutuhan masyarakat Aceh kedepannya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi pustaka.
Temuan penulis dilapangan bahwasanya Syariat Islam saat ini yang berlaku di Aceh masih jauh dari harapan masyarakat Aceh dan juga Syariat Islam yang saat ini berlaku di Aceh masih belum menjawab permasalahan pokok orang Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
200 Religion (Agama) > 297.2 Teologi Dokrin Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 301 Sosiologi dan antropologi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial > 305.4 Perempuan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 365 Lembaga permasyarakatan dan lembaga berkaitan
Depositing User: Milda Fitria Milda
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:45
Last Modified: 28 Feb 2024 07:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35782

Actions (login required)

View Item
View Item