Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan pada Materi Fotosintesis di MTsN Indrapuri

Liza Utami, 281324792 (2017) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan pada Materi Fotosintesis di MTsN Indrapuri. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Inkuri]
Preview
Text (Membahas tentang Inkuri)
Liza Utami.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi di MTsN Indrapuri masih tergolong kategori rendah, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya penggunaan model pembelajaran dan masih diterapkan proses pembelajaran secara direct instruction. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan metode konvensional pada materi fotosintesis. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan rancangan Pretest Posttest Non-equivalent Groups. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTsN Indrapuri, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VII-5 yang berjumlah 27 siswa dan kelas VII-6 berjumlah 25 siswa. Pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa terhadap proses pembelajaran dan tes untuk mengetahui hasil belajar. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil uji t menunjukkan thitung (3,89) > ttabel (1,67).
Kata Kunci: Model Pembelajaran inkuiri terbimbing, Aktivitas, Hasil Belajar, Fotosintesis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Nursalmi Mahdi 2.Nafisah Hanim
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Model,Inkuiri, Lingkungan, Fotosintesis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: liza utami
Date Deposited: 17 Aug 2017 00:59
Last Modified: 07 Nov 2018 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item
View Item