Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Chem Quartet Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di SMA Negeri 8 Banda Aceh

Muhammad Rizki, 180208023 (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Chem Quartet Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Chem Quartet Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di SMA Negeri 8 Banda Aceh] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Chem Quartet Pada Materi Sistem Periodik Unsur Di SMA Negeri 8 Banda Aceh)
Muhammad Rizki, 180208023, FTK, PKM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 8 Banda Aceh yang dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman pesera didik dalam menguasai materi serta kurangnya minat belajar peserta didik pada materi sistem periodik unsur. Proses belajar mengajar hanya mengunakan buku ajar dan unsur periodik saja, tanpa adanya media tambahan dalam proses pembelajaran sistem periodik unsur. Maka dengan adanya pengembangan media chem quartet yang berbentuk kartu permainan yang dimainkan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran dapat menjadi bahan ajar tambahan yang digunakan oleh guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media chem quartet yang dikembangkan serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media chem quartet pada materi sistem periodik unsur. Rancangan penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) melalui prosedur tahapan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada lembaran penelitian ini terdiri dari lembar validasi yang dinilai oleh 3 orang validator serta angket respon yang disebarkan kepada 32 peserta didik kelas X4 IPA di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Berdasarkan hasil validasi oleh ketiga validator, diperoleh skor rata-rata keseluruhan dengan presentase sebanyak 87,29% dengan kualifikasi “sangat layak”. Hasil uji coba pada peserta didik melalui penyebaran angket respon diperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 93,45% dengan kualifikasi “sangat layak”. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media chem quartet pada materi sistem periodik unsur sangat layak untuk digunakan dan mendapatkan respot sangat baik dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Muhammad Rizki Rizki/kiki
Date Deposited: 01 Mar 2024 09:00
Last Modified: 01 Mar 2024 09:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35910

Actions (login required)

View Item
View Item