Pengaruh Kreativitas Guru Pelajaran Fiqih dalam Penggunaan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN 6 Aceh Besar

M Rizjan, 211323778 (2018) Pengaruh Kreativitas Guru Pelajaran Fiqih dalam Penggunaan Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN 6 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Kreatifitas Guru, Metode Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Kreatifitas Guru, Metode Pembelajaran)
M. RIZJAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (971kB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama sebagai salah satu mata rantai dalam mencapai tujuan pendidikan khusus, yaitu untuk menciptakan manusia yang beraklak mulia, beriman, bertakwa sehingga terbentuk kepribadian seseorang menjadi insan kamil. Kreativitas tidak selalu dimiliki oleh guru berkemampuan akademik dan kecerdasan yang tinggi. Hal ini dikarenakan kreativitas tidak hanya membutuhkan keterampilan dan kemampuan, kreativitas seorang guru sangat ditentukan oleh keleluasaan dan kedalaman pengetahuan dan wawasan. Oleh sebab itu, menjadi guru ideal haruslah selalu membiasakan untuk membelajarkan diri. Sedangkan mata pelajaran fiqih sebagai salah satu mata pelajaran yang diberikan pada peserta didik di MAN 6 Aceh Besar ,demi mendukung kemampuan seseorang dalam hal-hal yang bersifat praktis seperti shalat, zakat, puasa, haji dan lain sebagainya. Bardasarkan kenyataan yang ada, bahwa tidak semua guru fiqih di MAN 6 Aceh Besar memiliki kompetensi yang baik untuk memahami dan menyadari segala hal yang diuraikan di atas, sehingga ada guru pelajaran Fiqih belum mampu menyampaikan pesan-pesan keilmuan secara sempurna untuk ditranfer kepada anak didik karena minimnya kreativitas yang ia miliki yang akan berdampak pada proses pembelajaran yang berlangsung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya, pertama, bagaimana pengaruh kreativitas guru pelajaran fiqih dalam penggunaan metode pembelajara terhadap hasil belajar siswa di MAN 6 Aceh, kedua, bagaimana penerapan metode pembelajaran fiqih di MAN 6 Aceh dan ketiga, kendala apa saja yang dihadapi guru pelajaran fiqih dalam menggunakan metode pembelajaran di MAN 6 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan angket, kemudian data tersebut dianalisis melalui analisis data deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, bahwa manyoritas atau 42 % siswa menganggap kreativitas guru sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar, terbukti berdasarkan dari hasil wawancara dengan guru pelajaran Fiqih di MAN 6 Aceh Besar, bahwa siswa sudah dapat memahami materi pelajaran khususnya pada bidang studi fiqih, dapat dilihat dari hasil nilai ujian mereka disetiap akhir semester yang rata-rata memperoleh nilai 80. kedua, metode yang gunakan oleh guru MAN 6 Aceh Besar dalam proses pembelajaran Fiqih sering menggunakan metode ceramah, dan kadang-kadang menggunakan metode tanya jawab dan diskusi, dan ketiga, penghambat proses pembelajaran Fiqih disebabkan adanya rasa malas pada diri sendiri, sedangkan yang menjadi penghambat bagi guru sendiri adalah karena tidak tersedianya ruang praktek khusus dan siswa sangat kurang membaca buku-buku yang berkenaan dengan Fiqih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Muji Mulia, S.Ag., M.Ag; 2. Saifullah, S.Ag., MA
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Metode Pembelajaran, Siswa.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Rizjan
Date Deposited: 23 Apr 2018 03:21
Last Modified: 23 Apr 2018 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3596

Actions (login required)

View Item
View Item