Penerapan Metode Langsung dalam Pembelajaran Ta’bir untuk Siswa Tingkat Dua Di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh

Zilqia T. Nufus, 190202036 (2023) Penerapan Metode Langsung dalam Pembelajaran Ta’bir untuk Siswa Tingkat Dua Di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pembelajaran Ta’bir] Text (Pembelajaran Ta’bir)
Zilqia T. Nufus, 190202036, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh adalah salah satu dari perguruan tinggi di Banda Aceh, Pengajar di Ma’had tersebut mengajarkan seluruh mata pelajaran menggunakan bahasa Arab dalam pembelajarannya. Penggunaan Metode Langsung pada pembelajaran membuat siswa berbicara langsung menggunakan bahasa Arab. Penulisan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode langsung dalam pembelajaran Ta’bir untuk siswa tingkat dua di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh serta masalah yang dihadapi siswa tingkat dua di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh dalam pembelajaran Ta’bir dengan penerapan metode langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis berdasarkan penelitian kualitatif, dan populasi penelitian ini adalah siswa di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh tahun ajaran 2022-2023 yang berjumlah 404 mahasiswa. Dan sampel penelitian ini adalah 56 siswa tingkat 2 (Dua). Adapun hasil penelitian yang diperoleh, bahwa Pengajar pelajaran Ta’bir di Ma’had Khadimul Haramain Asy-Syarifain Banda Aceh menggunakan metode gabungan antara metode langsung dan metode munaqasyah. Siswa merasa senang dalam mempelajari pelajaran ta’bir menggunakan bahasa arab langsung, adapun masalah yang dihadapi siswa dengan diterapkannya metode langsung dalam pelajaran ta’bir adalah siswa kesulitan bertanya kepada pengajar menggunakan bahasa arab dan siswa belum pernah belajar menggunakan bahasa arab langsung dalam pembelajaran sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zilqia T. Nufus Zilqia
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:44
Last Modified: 06 Mar 2024 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35975

Actions (login required)

View Item
View Item