Internalisasi Sikap Hormat Dan Santun Pada Siswa MAN 1 Inovasi Subulussalam

Hafizh Al Hanif, 190201108 (2023) Internalisasi Sikap Hormat Dan Santun Pada Siswa MAN 1 Inovasi Subulussalam. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Internalisasi Sikap Hormat Dan Santun Pada Siswa MAN 1 Inovasi Subulussalam] Text (Internalisasi Sikap Hormat Dan Santun Pada Siswa MAN 1 Inovasi Subulussalam)
Skripsi Hafizh Al-Hanif asli...pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Secara umum siswa MAN 1 Inovasi Subulussalam memiliki dan memahami nilai- nilai sikap hormat dan santun, hal tersebut dikarenakan siswa sudah dibiasakan sejak awal untuk selalu bersikap sopan, santun, hormat, dan ramah dimanapun mereka berada, hal tersebut didukung oleh peneladanan yang diberikan guru kepada siswanya setiap saat. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian supaya mengetahui tahapan atau cara guru di sekolah tersebut dalam membina para siswa-siswinya, dan hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna dalam menunjang karakter siswa di seluruh sekolah yang ada di indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam menanamkan nilai-nilai sikap hormat dan santun pada siswa dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat internalisasi sikap hormat dan santun pada siswa MAN 1 Inovasi Subulussalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses internalisasi sikap hormat dan santun pada siswa MAN 1 Inovasi Subulussalam berjalan dengan baik menggunakan 4 tahapan, yaitu pembiasaan, peneladanan, pergaulan dan penegakan hukum. Terdapat faktor-faktor penghambat dan pendukung internalisasi, Faktor pendukung internalisasi sikap hormat dan santun adalah guru, kebijakan sekolah, dan ektrakurikuler. Hal tersebut dikarenakan guru senantiasa memberi dukungan dan menasihati siswanya, begitu juga dengan kebijakan sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler yang selalu mendukung karakter siswa ke arah yang lebih baik. Sedangkan faktor penghambat internalisasi terdapat pada individu siswa, pertemanan, dan karyawan sekolah, siswa yang tidak memiliki motivasi diri yang baik, maka akan berdampak pada sikap sehari-harinya. Pertemanan bisa merusak dan bisa juga bermanfaat, didapati ada segelintir siswa MAN 1 Inovasi Subulussalam yang masih suka melanggar, terutama siswa pindahan, pengaruh tersebut sangat berdampak pada sikap siswa yang lainnya. Adapun karyawan sekolah, sudah mematuhi semua peraturan yang berlaku untuk dirinya sendiri, tetapi mereka masih cenderung tidak peduli akan sikap siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hafizh Al Hanif Hafizh
Date Deposited: 06 Mar 2024 02:54
Last Modified: 06 Mar 2024 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35979

Actions (login required)

View Item
View Item