Penerapan Model Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Yuni Rafia, 160205128 (2024) Penerapan Model Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Model NHT, Hasil Belajar Matematika] Text (Model NHT, Hasil Belajar Matematika)
YUNI RAFIA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan khususnya pembelajaran matematika mengharuskan siswa terlibat aktif saat proses belajar mengajar dan siswa memiliki keterampilan berfikir untuk mmeningkatkan hasil belajar matematika, namun pada kenyataannya hasil belajar matematika siswa masih rendah. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa yaitu dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 11 Banda Aceh yang terdiri dari 2 kelas dan pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling yaitu kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui 2 tes, yaitu prettes dan posttest. Data nilai pretest dan posttest dianalisis dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Science) versi 22. Dari hasil pengolahan data tersebut didapat nilai t hitung ( 11,197) dan t tabel (2.017) artinya t hitung > ttabel. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa nilai rata-rata keas eksperimen (VIII-3) lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol (VIII-2). Dengan demikian hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model Numbered Head Together (NHT) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model konvensional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Yuni Rafia Yuni
Date Deposited: 07 Mar 2024 02:14
Last Modified: 07 Mar 2024 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35996

Actions (login required)

View Item
View Item