Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada

Rahmayati, 200209008 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada] Text (Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada)
Rahmayati, 200209008, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Rusip Antara kelas IV A, ditemukan permasalahan terkait hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), yaitu dengan ulangan harian yang rata-rata peserta didik tidak tuntas. Penggunaan model pembelajaran course review horay dalam pembelajaran IPS merupakan salah satu solusi dalam mengatasi masalah rendahnya hasil belajar peserta. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam penerapan model course review horay di kelas IV di SDN 4 Rusip Antara. (2) Untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam penerapan model course review horay di kelas IV di SDN 4 Rusip Antara. (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam penerapan model course review horay di kelas IV di SDN 4 Rusip Antara. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV A berjumlah 20 orang. KKM yang telah ditetapkan adalah 75 dengan ketuntasan klasikal 80%. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Observasi guru pada siklus I memperoleh presentase 81,45% kemudian pada siklus II menjadi 93,54 %. Observasi peserta didik pada siklus I memperoleh presentase 62,09% kemudian pada siklus II menjadi 90,32%. Pada hasil belajar peserta didik pada siklus I 65 % kemudian pada siklus II dengan presentase menjadi 85%, hal ini sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran course review horay dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahmayati Rahmayati
Date Deposited: 07 Mar 2024 02:23
Last Modified: 07 Mar 2024 02:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35997

Actions (login required)

View Item
View Item