Pengaruh Metode Eksperimen dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Lhoong Aceh Besar pada Materi Gerak Parabola

Ayu Rosyanti, 251 324 521 (2018) Pengaruh Metode Eksperimen dengan Menggunakan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Lhoong Aceh Besar pada Materi Gerak Parabola. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang  Pengaruh Metode Eksperimen]
Preview
Text (Membahas tentang Pengaruh Metode Eksperimen)
Ayu Rosyanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Hasil pengamatan yang telah dilakukan di SMAN 1 Lhoong Aceh Besar ditemukan beberapa permasalahan, yaitu pembelajaran masih berpusat pada pendidik, peserta didik tidak aktif, metode yang diterapkan kurang efektif, sehingga hasil belajar yang diperoleh masih di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu metode yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik adalah metode eksperimen. Metode eksperimen adalah cara penyajian pelajaran, dimana peserta didik melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode eksperimen dengan menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gerak parabola. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian Pre-Experimental Desain dengan One-Group Pre test- Post test Design.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh sehingga diperoleh kelas X MIPA-1 yang berjumlah 23 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan soal tes berbentuk pilihan ganda. Perolehan skor rata-rata Pre-test dan Post-test kelas ekperimen adalah 43,04 , dan 80,43. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t, hasil penelitian menunjukkan bahwa > yaitu 34,62 > 1,72 pada taraf signifikan 5% atau =0,05 sehingga Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Nilai persentase hasil respon keseluruhan peserta didik terhadap pengaruh metode eksperimen menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gerak parabola adalah 82,35 % digolongkan dalam kategori sangat tertarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen menggunakan alat peraga memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gerak parabola.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Fitriyawany M.Pd 2.Nurhayati M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Alat Peraga, Hasil Belajar, Gerak Parabola
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ayu Rosyanti
Date Deposited: 25 Apr 2018 03:37
Last Modified: 25 Apr 2018 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3609

Actions (login required)

View Item
View Item