Minat Masyarakat terhadap Stimulus Objek Wisata di Abdya (Studi pada Objek Wisata Pantai Bali, Pantai Jilbab, Pulau Gosong di Abdya)

Ainul Marziah, 411206562 (2018) Minat Masyarakat terhadap Stimulus Objek Wisata di Abdya (Studi pada Objek Wisata Pantai Bali, Pantai Jilbab, Pulau Gosong di Abdya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Pariwisata]
Preview
Text (Mengenai tentang Pariwisata)
AINUL MARZIAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (882kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Minat Masyarakat terhadap Stimulus Objek Wisata di Abdya (Studi pada Objek Wisata Pantai Bali, Pantai Jilbab, Pulau Gosong di Abdya)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan dari ketiga objek wisata yaitu Pantai Bali, Pantai Jilbab, Pulau Gosong merupakan objek wisata yang paling diminati oleh masyarakat sekitar Abdya dan wisatawan lokal sehingga menyebabkan tempat ini terkenal sampai keluar daerah.Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimana minat masyarakat terhadap objek wisata Abdya, uapaya-upaya apa saja yang dilakukan masyarakat setempat untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap objek wisata di Abdya, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menarik minat masyarakat terhadap objek wisata di Abdya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat terhadap stimulus dari ketiga objek wisata di Abdya yaitu Pantai Bali, Pantai Jilbab, Pulau Gosong, untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan masyarakat setempat untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap objek wisata di Abdya, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menarik minat masyarakat terhadap objek wisata di Abdya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah responden dua puluh enam orang. Lokasi penelitian yaitu di Pantai Bali, Pantai Jilbab, Pulau Gosong, dan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga di Abdya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap ketiga objek wisata di Abdya sangat bervariasi. Bervariasinya pengunjung untuk mengunjungi objek wisata tergantung pada minat pengunjungnya. Hal ini dapat dilihat dari tingkat mengunjungi tempat wisata yaitu antara dua sampai tiga kali dalam seminggu, satu sampai dua dalam seminggu, dan satu dalam dua minggu. Adapun upaya masyarakat setempat (pengelola) dengan menambah menu makanan dan minuman, menambah tempat/pondok agar tempat berteduh bagi para pengunjung, dan memperbaiki sarana seperti wc dan ruang ganti, serta mempromosikan objek wisata kepada saudara atau kerabat terdekat saja baik di dalam daerah maupun di luar daerah dan lewat media sosial dengan mengirim foto pemandangan objek wisata. Kemudian faktor pendukung dalam menarik minat masyarakat terhadap objek wisata di Abdya meliputi melayani para pengunjung dengan bersifat ramah dan tamah, menambahkan menu makanan dan minuman, serta melalui pemilihan Duta Wisata dalam mempromosikan objek wisata Abdya. Sedangkan faktor penghambatnya ialah membuang sampah sembarangan, akses sarana dan prasarana masih kurang, serta tidak ada dana untuk program dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Abdya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Zainuddin T, S.Ag.,M.Si; 2. Fajri Chairawati, S.PdI.MA
Uncontrolled Keywords: Minat, Masyarakat, Stimulus, Objek Wisata
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ainul Marziah
Date Deposited: 23 Apr 2018 09:44
Last Modified: 23 Apr 2018 09:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3612

Actions (login required)

View Item
View Item