Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III SD Lamreung Banda Aceh

Erlina, 170209007 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III SD Lamreung Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay  Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III SD Lamreung Banda Aceh] Text (Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III SD Lamreung Banda Aceh)
Erlina, 170209007, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (33MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Lamreung Banda Aceh, menunjukkan bahwa proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dan potensi peserta didik belum diwujudkan dengan optimal. Karena peserta didik cenderung kurang motivasi, pengaruh lingkungan bahkan cuaca pun dapat mempengaruhi sehingga menurunnya mutu hasil belajar tentu disebabkan kurangnya motivasi peserta didik. Tujuan melatih peserta didik untuk mencapai tujuan-tujuan hubungan sosial yang pada akhirnya mempengaruhi prestasi akademik peserta didik, membantu peserta didik untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, mengajarkan peserta didik untuk bersosialisasi dengan temannya, membangkitkan semangat peserta didik untuk belajar sehingga akan tercipta suasana kelas yang aktif, kreatif, menyenangkan dan dapat menuntaskan indikator pembelajaran yang telah disusun guru. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Cource Review Horay (CRH) dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas III SD Lamreung Banda Aceh (2) Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar peserta didik di kelas III SD Lamreung Banda Aceh dalam pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CRH). Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa di kelas III SD Lamreung Banda Aceh yang berjumlah 21 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan angket.Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas guru dari siklus I memperoleh persentase 86% mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase sebanyak 98,9% kategori sangat baik. Aktivitas peserta didik siklus I kelompok 1 yaitu 94%mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 94,4%. Pada kelompok 2 dari 86% menjadi 90,6%, kelompok 3 dari 88%menjadi 90,6% kelompok 4 dari 31%menjadi 90,6% dan kelompok 5 dari 91% menjadi 97,7%. Motivasi peserta didik siklus dari 81,29% menjadi 97% pada siklus II dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas peserta didik serta hasil belajar melalui penerapan model Pembelajaran Course Review Horay (CRH).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erlina Er
Date Deposited: 20 Mar 2024 02:11
Last Modified: 20 Mar 2024 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36124

Actions (login required)

View Item
View Item