Thuruqu Ta'lim Al-Lughah Al-Arabiyah fi Madrasah Babussalam At-Sanawiyah Aceh Tamiang (Dirasah Wasfiyah)

Syahreza, 221222523 (2018) Thuruqu Ta'lim Al-Lughah Al-Arabiyah fi Madrasah Babussalam At-Sanawiyah Aceh Tamiang (Dirasah Wasfiyah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas tentang Metode Pembelajaran Bahasa Arab]
Preview
Text (Membahas tentang Metode Pembelajaran Bahasa Arab)
syahreza.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah metode pembelajaran bahasa arab di sekolah Mas Babussalam Aceh Tamiang, tujuan peneliti memilih judul di atas adalah karena siswa di sekolah tidak memahami pelajaran bahasa arab dan sulit dalam memahami pelajaran yang di jelaskan oleh guru bahasa arab dan juga sekolah tersebut adalah salah satu sekolah yang mempelajari mata pelajaran bahasa arab selain itu juga mempelajari ilmu agama, dll. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode apa saja yang di gunakan dalam mengajar pelajaran bahasa arab di sekolah tersebut, serta apa saja kendala-kendala yang di hadapi dalam memahami pelajaran bahasa arab. adapun pendekatan penelitian yang di gunakan peneliti adalah pendekatan deskriptif, dan sampel penelitiannya seluruh siswa di sekolah tersebut, dan peneliti mengambil 34 orang dari 233 orang siswa. Selesainya penelitian tersebut dengan cara mewawancarai guru bahasa arab dan juga membagikan angket/quesioner kepada siswa, adapun hasil dari penelitian di sekolah adalah metode yang di gunakan dalam mengajar mata pelajaran bahasa arab di sekolah Mas Babussalam aceh tamiang adalah Metode Nahwu wa tarjamah dan juga Thariqah Qira’ah (Metode membaca/Reading Method). Sedangkan perMasalahan yang di dapati oleh guru dalam mengajar ialah: media di sekolah tersebut terbatas,murid sering tidak semangat ketika belajar bahasa arab. Guru tidak begitu paham methode pengajaran bahasa arab. Sekolah tersebut belum mempunyai laboratorium bahasa. Adapun perMasalahan yang di rasakan oleh murid dalam pelajaran bahsa arab ialah: murid tidak begitu paham dengan kawaid bahasa arab, terbatasnya waktu untuk mempelajari bahasa arab, tidak ada waktu khusus untuk mendalami bahasa arab, serta kurangnya pengaplikasian bahasa arab secara langsung oleh para siswa saat berkomunikasi.
Kata kunci : Metode Pembelajaran Bahasa Arab,(dirasah Wasfiyah)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Qusaiyen,M.Ag; 2. Safariah,S.Pd.I,MA
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: syah reza .
Date Deposited: 23 Apr 2018 10:03
Last Modified: 23 Apr 2018 10:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3613

Actions (login required)

View Item
View Item