Penerapan Metode Herringbone Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswi (Studi Eksperimen Di MTs Darul ‘Ulum Banda Aceh)

Luftia Natasya, 190202018 (2024) Penerapan Metode Herringbone Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswi (Studi Eksperimen Di MTs Darul ‘Ulum Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Herringbone Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswi (Studi Eksperimen Di MTs Darul ‘Ulum Banda Aceh)] Text (Penerapan Metode Herringbone Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswi (Studi Eksperimen Di MTs Darul ‘Ulum Banda Aceh))
Luftia Natasya, 190202018, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di MTs Darul ‘Ulum Banda Aceh, ditemukan bahwa sebagian siswi di kelas 2-1 tidak mampu memahami teks bahasa Arab dan para siswi merasa kesulitan dalam menentukan ide pokok dari teks . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode Herringbone untuk meningkatkan kemampuan membaca siswi dan mengetahui bagaimana aktifitas guru dan siswi ketika penerapan metode Herringbone pada pembelajaran membaca. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas dua yang berjumlah 103 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah siswi kelas 2-1 yang berjumlah 31 orang. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan peneliti di dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimen dengan model (One Group Pretest Posttest Design). Peneliti menggunakan pretest, posttest, dan observasi langsung untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Penerapan metode Herringbone efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswi, hasil Paired Samples T Test dengan tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,000 yaitu lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (H0) ditolak. (2) Aktifitas guru dan siswi saat penerapan metode Herringbone pada pembelajaran membaca berjalan dengan sangat baik dan berhasil, peneliti memperoleh nilai 97% untuk hasil observasi langsung aktifitas guru dan nilai 95% untuk hasil observasi langsung aktifitas siswi, kedua nilai tersebut berada di antara kisaran 81-100% dengan tingkatan terbaik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Luftia Natasya
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:07
Last Modified: 20 Mar 2024 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36135

Actions (login required)

View Item
View Item