Studi Perbandingan Penilaian Financial Ditress Menggunakan Metode Altman Z- Score dan Springate Di Tinjau Dalam Ekonomi Islam (Stusi Kasus pada PT Garuda Indonesia)

Muhammad Aqil Aufaa Mulia, 160602197 (2023) Studi Perbandingan Penilaian Financial Ditress Menggunakan Metode Altman Z- Score dan Springate Di Tinjau Dalam Ekonomi Islam (Stusi Kasus pada PT Garuda Indonesia). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Kebangkrutan,  Model  Altman  Z  Score,  Model Springate] Text (Kebangkrutan, Model Altman Z Score, Model Springate)
Muhammad Aqil Aufaa Mulia, 160602197, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis perbedaan prediksi kebangkrutan menggunakan model altman Z Score dan Springate dengan objek penelitian di PT. Garuda Indonesia Tbk pada tahun 2016-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deksriptif dengan menggunakan data kuantitatif, model prediksi kebangkrutan dengan variabel terkait adalah rasio keuangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara mempelajari buku-buku, literature, dokumen serta jurnal-jurnal yang berhubungan dengan penelitian serta dokumen laporan keuangan perusahaan tahunan untuk periode 2016-2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa springate adalah metode yang paling sesuai dalam memprediksi kebangkrutan dan di terapkan pada PT. Garuda Indonesia. Dimana pada metode springate terdapat perhitungan rasio EBTCL yaitu membandingkan antara laba sebelum pajak dengan liabilitas lancer. Rasio EBTCL merupakan rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dan penggunaan laba tersebut sebagai penutup hutang jangka pendek. Rasio ini juga dinilai lebih mencerminkan kondisi dari perusahaan yang dilihat melalui tingkat laba, biaya operasional dan pembayaran hutang dimana pos tersebut sangat dominan dalam menentukan nilai Z.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Aqil Aufaa Mulia Aqil
Date Deposited: 20 Mar 2024 03:17
Last Modified: 20 Mar 2024 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36136

Actions (login required)

View Item
View Item