Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Think Talk Write dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIN 2 Aceh Besar

Nanda Kurniawati, 201325120 (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Think Talk Write dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIN 2 Aceh Besar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negri Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
nanda kurniawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan D.pdf]
Preview
Text
Form B dan D.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Bahasa Indonesia adalah yaitu proses, cara, perbuatan menjadikan orang yang dapat berkomunikasi dengan baik dan benar. Hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Keberhasilan siswa sangat dipengaruhi oleh kreativitas guru dalam mendesains pembelajaran. Namun fakta dilapangan proses pembelajaran bahasa indonesia itu hanya mencatat dan membaca. Salah satu penyebabnya adalah keterbatasan guru dalam mengembangkan pembelajaran yang bervariasi, sehingga terjadi kejenuhan siswa dalam belajar. Oleh karena itu penulis ingin menerapkan Model Think Talk Write. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar siswa sesudah menerapkan model Think Talk Write pada materi membaca Ulil si daun teh kelas IV semester ganjil. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 2 Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 18 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (guru dan siswa) dan soal tes hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh aktivitas guru pada siklus I skor rata-rata 77,64% kategori baik, meningkat pada siklus II dengan skor 81,17 kategori sangat baik dan pada siklus III diperoleh skor 82,35% kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I skor 73,00% kategori baik, pada siklus II diperoleh skor 74,66 dengn kategori baik, dan pada siklus III diperoleh skor 80,00 kategori sangat baik. Sedangkan dari pengolahan perbandingan hasil belajar siswa dari siklus I, II an III dengan menerapkan model Think Talk Write diperoleh nilai rata-rata 56,11 (siklus I), 72,22 (siklus II), 82,77 (siklus III) terjadi perbedaan disetiap siklus pembelajaran, Artinya terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Think Talk Write dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Muslim Razali, S. H, MA; 2. Masbur, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Model, Think Talk Write, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nanda kurniawati .
Date Deposited: 23 Apr 2018 10:36
Last Modified: 23 Apr 2018 10:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3615

Actions (login required)

View Item
View Item