Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pernapasan Pada Mata Pelajaran Biologi Dengan Metode Computer Based Learning Menggunakan Software Articulate Storyline Di SMAN 16 Banda Aceh

Ahmad Syauqi Amini, 180212058 (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pernapasan Pada Mata Pelajaran Biologi Dengan Metode Computer Based Learning Menggunakan Software Articulate Storyline Di SMAN 16 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pernapasan Pada Mata Pelajaran Biologi Dengan Metode Computer Based Learning Menggunakan Software Articulate Storyline Di SMAN 16 Banda Aceh] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pernapasan Pada Mata Pelajaran Biologi Dengan Metode Computer Based Learning Menggunakan Software Articulate Storyline Di SMAN 16 Banda Aceh)
Ahmad Syauqi Amini, 180212058, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas XI IPA SMAN 16 Banda Aceh, terdapat suatu permasalahan berupa siswa sangat sulit memahami mata pelajaran khususnya pelajaran Biologi yang susah dimengerti serta para pendidik yang memakai prosedur pendidikan yang monoton dan kurang inovatif sehingga terasa membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan meldia pelmbellajaran Biollolgi belrbasis Colmputelr Baseld Lelarning pada solftwarel Articulatel Stolrylinel untuk siswa SMAN 16 Banda Acelh kellas XI IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dimana data yang di ambil dari penilaian kelayakan media pembelajaran dari ahli materi, ahli media, dan data pendapat/respon siswa mengenai produk yang telah dikembangkan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil analisis angket yang diberikan kepada ahli media untuk divalidasi pengembangan Media Pembelajaran Biologi berbasis Computer Based Learning pada Software Articulate Storyline diperoleh nilai rata-rata 32,5 dengan presentase 65%, ahli materi nilai dengan presentase 98%, peserta didik diperoleh nilai rata-rata 813 dengan presentase 81,3%, dapat dikategorikan sudah sangat setuju oleh ahli media, materi dan peserta didik untuk diterapkan pada mata pelajaran Biologi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran khususnya pada materi sistem pernapasan pada siswa kelas XI IPA SMAN 16 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Ahmad Syauqi Amini
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:48
Last Modified: 27 Mar 2024 06:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36228

Actions (login required)

View Item
View Item