Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Teknik Problem Solving Di SMP Negeri 10 Banda Aceh

Tri Maulana Hadi, 180213122 (2024) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Teknik Problem Solving Di SMP Negeri 10 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Teknik] Text (Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Teknik)
Tri Maulana Hadi, 180213122, FTK, BK, 082214706917.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah suatu dorongan internal dan eksternal yang menyebabkan seseorang atau individu untuk bertindak atau mencapai tujuan, sehingga perubahan tingkah laku pada diri siswa diharapkan terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar melalui teknik problem solving pada siswa di SMP Negeri 10 Banda Aceh. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 29 siswa. Adapun sampel berjumlah 19 orang siswa, pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dengan mengkategorikan tingkat motivasi belajarnya rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah digunakan teknik problem solving di SMP Negeri 10 Banda Aceh, dapat disimpulkan bahwa bahwa peningkatan motivasi belajar melalui teknik problem solving efektif pada siswa di SMP Negeri 10 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 307 Komunitas
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Tri Maulana Hadi Maulana
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:24
Last Modified: 28 Mar 2024 01:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36233

Actions (login required)

View Item
View Item