Analisis Literasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self Regulated Learning

Afrizal, 180205071 (2024) Analisis Literasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self Regulated Learning. Other thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Afrizal, 180205071, FTK, PMA, 085296947963.pdf] Text
Afrizal, 180205071, FTK, PMA, 085296947963.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan yang memuat kompetensi dasar di bidang matematika. Kemampuan literasi matematis sangat penting untuk dikuasai oleh siswa agar matematika tidak hanya dipahami dari segi materi saja namun juga menggunakan matematika untuk menyelesaikan pemasalahan sehari-hari. Selain kemapuan literasi terdapat faktor lain yang mempengaruhi kemampuan siswa ialah self regulated learning (SRL) yaitu kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah yang ditinjau dari SRL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini 3 orang siswa kelas IX MTsN 3 Banda Aceh, yaitu masing-masing siswa berkemampuan SRL tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen pada penelitian ini adalah peneliti, soal tes kemampuan literasi matematis, angket SRL, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dengan melakukan tes tertulis dan wawancara. Teknik pengeceka keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, dengan memberian STKLM-1 dan STKLM-2 pada waktu yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek dengan SRL tinggi memenuhi semua indikator literasi matematis, yaitu dapat merumuskan masalah secara matematis (formulate), mampu merancang dan menerapkan strategi serta menggunakan konsep, fakta, atau prosedur matematika dalam menyelesaikan permasalahn (employ), dan dapat menafsirkan kembali hasil ke dalam konteks permasalahan (interpret). Subjek dengan SRL sedang mampu merumuskan masalah secara matematis (formulate), merancang dan menerapkan strategi serta menggunakan konsep, fakta, atau prosedur matematika dalam menyelesaikan permasalahn (employ), namun belum mampu menafsirkan hasil ke dalam konteks permasalahan. Subjek dengan SRL rendah hanya mampu indikator formulate yaitu mampu merumuskan masalah secara matematis, namun belum mampu memenuhi indikator employ dan interpret.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Afrizal Afrizal
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:38
Last Modified: 28 Mar 2024 01:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36237

Actions (login required)

View Item
View Item