Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Prokrastinasi Siswa di SMPIT Al-Fityan School Aceh

Ana Mawar Riska, 190213031 (2023) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Prokrastinasi Siswa di SMPIT Al-Fityan School Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Prokrastinasi Siswa di SMPIT Al-Fityan School Aceh] Text (Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Prokrastinasi Siswa di SMPIT Al-Fityan School Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Prokrastinasi merupakan suatu kecenderungan menunda-nunda penyelesaian suatu tugas atau pekerjaan. Self management adalah salah satu teknik yang termasuk dalam cognitive behavioral. Pengelolaan diri ini suatu strategi yang digunakan individu untuk mengatur tingkah lakunya sendiri secara sadar untuk mengontrol faktor-faktor tingkah laku yang ingin diubahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi prokrastinasi siswa dan mengetahui adanya perubahan sikap prokrastinasi di SMPIT Al-Fityan School Aceh. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan skala likert dengan menyebarkan angket kepada siswa yang menjadi populasi dalam penelitian, yaitu kelas VIII a dan VIII c. Populasi pada penelitian ini adalah 44 orang siswa. Untuk menentukan sampel penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Dan didapatkan sampel sebanyak 8 orang sesuai dengan kriteria. Sampel diberikan treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai pre-test dan post-test, hal ini dapat dilihat melalui penurunan nilai sesudah diberikan penerapan bimbingan kelompok dengan teknik self management yang ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis yaitu ttabel < thitung = 1,895 < 10.067. Dari hasil tersebut menerangkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil keputusan tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dapat mengurangi tingkat prokrastinasi siswa SMPIT Al-Fityan School Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Ana Mawar Riska Ana
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:42
Last Modified: 01 Apr 2024 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36258

Actions (login required)

View Item
View Item