Udrikal Muna, 190209154 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN Bandar Baru Aceh Timur. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Model Course Review Horay, Hasil Belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Urdikal Muna, 190209154, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti di SDN Bandar Baru Aceh Timur di kelas Va, hasil belajar siswa belum mencapai nilai KKM atau Kriteria Ketuntasan Maksimal yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 76, hal ini dikarenakan oleh beberapa hal diantaranya yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan, karena dalam pembelajaran IPS guru cenderung menggunakan metode ceramah saat pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menerapkan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas Va. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa serta peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay pada pembelajaran IPS dikelas Va. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas Va SDN Bandar Baru sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, tes serta dokumentasi. Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriterian keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitiannya adalah aktivitas guru dari siklus I memperoleh nilai presentase 75% dengan kategori baik dan pada siklus II memperoleh nilai presentase 97,82% dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai persentase 68,47% dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh nilai persentase 93,47% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas Va SDN Bandar Baru Aceh Timur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Udrikal Muna Rikal |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 02:54 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 02:54 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36357 |