Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP-IT Ruhul Islam Simeulue Timur

Elvita Mauliani, 150205026 (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP-IT Ruhul Islam Simeulue Timur. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scriptterhadap Hasil Belajar Matematika di SMP-IT RuhulIslam Simeulue Timur] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scriptterhadap Hasil Belajar Matematika di SMP-IT RuhulIslam Simeulue Timur)
Elvita Mauliani, 150205026, FTK, PMA, 082285430213 (1) (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran koperatif tipe script terhadap hasil belajar matematika di SMP-IT Ruhul Islam Simeulue Timur. Hasil PISA 2018 melaporkan bahwa Indonesia berada pada posisi 72 dengan skor rata-rata 379 dari 78 negara yang berpartisipasi. Kemdikbud memaparkan hasil UNBK/UNKP 2019 untuk jenjang SMP untuk pelajaran matematika hanya memperoleh rata-rata 46 poin dan masih di bawah Standar Kompetensi. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru matematika di SMP-IT Ruhul Islam Simeulue Timur, diperoleh informasi bahwa banyak siswa yang tidak lulus ulangan harian karena nilai yang tidak mencapai KKM yaitu 65, bahkan rata-rata ulangan harian siswa hanya 59,7. Mengatasi rendahnya hasil belajar siswa, guru sebaiknya memilih model pembelajaran yang tepat sehingga bisa meningkatkan hasil belajar siswa tercapai seperti yang diharapkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Script. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi experimental design. Teknik analisis data untuk uji satu pihak, yaitu uji pihak kanan dengan menggunakan uji-t sampel independen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP-IT Ruhul Islam Simeulue Timur, sedangkan sampel penelitian adalah Kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan Kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan teknik simple random sampling.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Elvita Mauliani Elvita
Date Deposited: 07 May 2024 03:10
Last Modified: 07 May 2024 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36488

Actions (login required)

View Item
View Item