Penerapan Metode Ecola untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Maharah Qiraah (Penelitian Eksperimen di MTsS Assasun Najah)

M. Jamil, 180202157 (2024) Penerapan Metode Ecola untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Maharah Qiraah (Penelitian Eksperimen di MTsS Assasun Najah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang metode pembelajaran] Text (Membahas tentang metode pembelajaran)
M. Jamil, 180202157, FTK, PBA, 082271641018.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Siswa kelas VIII-I belum menguasai bahasa Arab, khususnya dalam pengajaran membaca, karena mereka tidak memahami apa yang mereka baca dari teks bahasa Arab dan tidak dapat menjawab soal latihan. Dua tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah mengetahui efektivitas metode ECOLA untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, dan mengetahui aktivitas guru dan siswa ketika penerapan metode ECOLA untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Populasi penelitian dalam skripsi ini adalah seluruh siswa MTsS Assasunnajah tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 188 siswa. Sampel dalam skripsi ini adalah siswa kelas VIII-I berjumlah 22 siswa. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam skripsi ini adalah metode eksperimen. Hasil penelitian adalah penerapan metode Ecola untuk meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa terbukti efektif dengan nilai signifikansi Asymp Sig.(2-tailed) 0,00 sebagaimana pada tabel 4-9. Hasil observasi aktivitas guru selama proses belajar mengajar menggunakan metode Ecola dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa adalah sebesar 92% berada pada rentang 81-100 dengan nilai sangat baik. Dari hasil observasi aktivitas siswa, 90% berada pada rentang 81-100 dengan nilai sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: M. Jamil
Date Deposited: 08 May 2024 03:20
Last Modified: 08 May 2024 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36497

Actions (login required)

View Item
View Item