Awfa Tsaqiyya, 190202146 (2023) Penerapan Permainan “Pyramid Quiz” untuk Meningkatkan Kemampuan Siswi dalam Keterampilan Berbicara MTs Insan Qurani Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Penerapan, Permainan “Pyramid Quiz”, Maharah Kalam]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Awfa Tsaqiyya, 190202146, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (14MB)
Abstract
Siswi di Pesantren Insan Qurani Aceh Besar mempelajari beragam mata pelajaran, diantaranya keterampilan berbicara dalam bahasa Arab. Mata pelajaran ini bertujuan agar siswi mampu berbicara bahasa Arab dengan benar dan fasih. Namun, kenyataannya adalah siswi menghadapi beberapa masalah dalam belajar keterampilan berbicara dalam bahasa Arab. Diantaranya adalah kurangnya kosakata yang dikuasai oleh siswi. Sebagian dari mereka tidak mampu menggunakan kosakata tersebut dalam berbicar, serta sebagian dari mereka takut melakukan kesalahan Ketika berbicara bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan permainan “Pyramid Quiz” untuk meningkatkan kemampuan siswi dalam keterampilan berbicara dan respon mereka terhadap penerapan ini. Dan metode yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah metode eksperimental One Grup Pre-Test, Post-Test Design, dan dalam pengumpulan data, peneliti membuat pengamatan langsung/observasi, Pre-Test dan Post-Test. Dan adapun sampel yang dipilih oleh peneliti untuk penelitian ini adalah siswi kelas VIII-C dengan jumlah 21 siswi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan permainan “Pyramid Quiz” untuk meningkatkan kemampuan siswi dalam keterampilan berbicara di MTs Insan Qurani Aceh Besar mendapat nilai unggul, pada aktivitas guru dengan nilai 94,64% dan pada aktivitas siswi dengan nilai 96,42% saat menganalisis data observasi langsung. Permainan “Pyramid Quiz” efektif untuk meningkatkan kemampuan siswi dalam keterampilan berbicara di MTs Insan Qurani Aceh Besar. Melalui hasil Uji Paired Sample T-Test Peneliti memperoleh hasil signifikan 0,000 Sig. (2-tailed) yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05, hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dan hal ini menunjukkan bahwa penerapan permainan “Pyramid Quiz” untuk meningkatkan kemampuan siswi dalam keterampilan berbicara memperoleh nilai efektif dan unggul di MTs Insan Qurani Aceh Besar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Awfa Tsaqiyya |
Date Deposited: | 14 May 2024 02:14 |
Last Modified: | 14 May 2024 02:14 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36518 |