Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V MIN Anoi Itam

Isma Aida Fitria, 170209111 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V MIN Anoi Itam. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Role Playing, Hasil Belajar, IPS] Text (Role Playing, Hasil Belajar, IPS)
Isma Aida Fitria, 170209111, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penelitian di kelas V MIN Anoi Itam Sabang, terlihat siswa masih belum menunjukkan adanya respon yang baik dalam mengikuti pembelajaran. Dalam pembelajaran, siswa masih terlihat sulit dalam memahami materi, dikarenakan kurangnya keterlibatan siswa dalam prose pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis aktivitas guru pada pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran role playing (2) untuk menganalisis aktivitas siswa pada pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran role playing dan (3) untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran role playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Anoi Itam Sabang yang berjumlah 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap aktivitas guru pada siklus I termasuk dalam ktegori cukup dengan skor 70,37% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor 95,53% atau dengan kategori baik sekali. Sedangkan pada aktivitas siswa siklus I menunjukkkan skor 64,81% atau pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 91,07% atau pada kategori baik sekali. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari bertambahnya nilai ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 60% atau 6 siswa yang sudah mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan dengan nilai rata-rata 80% dengan jumlah 8 siswa telah mencapai nilai KKM yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V MIN Anoi Itam Sabang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Isma Aida Fitria Aida
Date Deposited: 15 May 2024 02:36
Last Modified: 15 May 2024 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36615

Actions (login required)

View Item
View Item