Pengembangan Bahan Ajar E-Booklet Bab Olahraga dan Penggunaannya Pada Pembelajaran Nahwu

Thariqatul 'Amaliah, 200202145 (2024) Pengembangan Bahan Ajar E-Booklet Bab Olahraga dan Penggunaannya Pada Pembelajaran Nahwu. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Thariqatul 'Amaliah, 200202145 (2024).pdf] Text
Thariqatul 'Amaliah, 200202145 (2024).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan menghasilkan bahan ajar dalam bentuk e- booklet pada materi "Olahraga" dan untuk mengetahui keefektifannya dalam pembelajaran nahwu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII – 4 yang berjumlah 23 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari lembar validasi yang dinilai oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain, hasil tes siswa, serta angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kevalidan bahan ajar berdasarkan hasil ahli materi dan bahasa masuk dalam kategori sangat bagus dengan rata-rata presentase 97,5% (sangat bagus), hasil ahli desain mendapatkan hasil yang sama dengan rata-rata presentase 97,5% (sangat bagus). Dari hasil uji coba siswa antara pre-test dan post-test menghasilkan peningkatan dengan rata-rata presentase
24,9% , dan hasil respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan rata-rata presentase 78,86 %,(setuju). Berdasarkan dari beberapa kategori tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat bagus, dan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam membantu proses pembelajaran pada pembelajaran nahwu.
Kata Kunci : Pengembangan; E-booklet; Pembelajaran
Nahwu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Thariqatul 'Amaliah
Date Deposited: 15 May 2024 03:03
Last Modified: 15 May 2024 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36627

Actions (login required)

View Item
View Item