Tri Wahyuni, 200209064 (2024) Penerapan Model Pembelajaran Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Di Kelas V SD Negeri 4 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Model Pembelajaran]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Repository (TRI WAHYUNI, 200209064, PGMI).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di kelas V SD Negeri 4 Banda Aceh bahwa dalam proses belajar PKN masih banyak siswa yang terlihat belum menunjukkan adanya respon yang baik dalam mengikuti pembelajaran. Siswa masih terlihat sulit dalam memahami materi yang diajarkan. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, serta siswa cepat merasa bosan dengan suasana pembelajaran, sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimun (KKM). Oleh karena itu siswa membutuhkan model pembelajaran khusus untuk menarik perhatian siswa sehingga meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKN. Penggunaan model Role Playing dapat menjadi alternatif bagi guru dan siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Role Playing di kelas V SD Negeri 4 Banda Aceh. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam tigas siklus, dengan subjek penelitian berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes dan lembar observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian melalui penerapan model pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 69,31%, siklus II menjadi 85,22%, dan pada siklus III menjadi 95,45%. Observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 73,86%, siklus II menjadi 84,09%, dan pada siklus III menjadi 94,31%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh 29,62%. Pada siklus II menjadi 40,74%. Sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 85,18%. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Tri Wahyuni Yuni |
Date Deposited: | 15 May 2024 03:00 |
Last Modified: | 15 May 2024 03:00 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36628 |