Analisis Proses Berpikir Reflektif Matematis Siswa MTs/SMP Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika

Wiwin Andika, 180205098 (2024) Analisis Proses Berpikir Reflektif Matematis Siswa MTs/SMP Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Proses Berpikir Reflektif Matematis Siswa MTs/SMP Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika] Text (Analisis Proses Berpikir Reflektif Matematis Siswa MTs/SMP Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika)
Wiwin Andika, 180205098, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Berpikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan cara berpikir yang sangat penting untuk memempelajari matematika. Salah satunya berpikir reflektif matematis, sangat diperlukan didalam bidang matematika. Hal tersebut terjadi karena berpikir reflektif matematis dapat melatih siswa untuk mengaitkan masalah yang dihadapi dengan dengan masalah yang pernah dihadapi sebelumnya. Meskipun proses berpikir reflektif sangat penting, namun proses berpikir reflektif matematis siswa belum terlalu difokuskan untuk peningkatannya karena guru kurang menggali proses berpikir reflektif matematis siswa. Tujuan dari pnelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir reflektif siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek peneliti terdiri dari 3 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh yang terdiri dari 1 kemampuan awal tinggi, 1 siwwa berkemampuan awal sedang dan 1 siswa berkemampuan awal rendah yang diperoleh berdasarkan hasil tes kemampuan awal dan konsultasi terhadap guru. Instrumen penelitian terdiri dari peneliti sendiri, soal tes kemampuan awal, soal tes berpikir reflektif dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu, yaitu pemberian STPBRM 2 dilaksanakan seminggu setelah pemberian STPBRM 1. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Proses berpikir reflektif siswa berkemampuan awal tinggi melalui setiap indikator pada fase reacting, elaborating dan contemplating. (2) Proses berpikir reflektif siswa berkemampuan awal sedang melalui indikator pada fase reacting, elaborating dan contemplating. Namun pada fase contemplating siswa belum cukup teliti saat menyelesaikan masalah sehingga siswa tidak memeriksa kembali jawaban yang diperoleh. (3) Proses berpikir reflektif siswa dengan kemampuan awal rendah melalui sebagian indikator pada setiap fase berpikir reflektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Proses Berpikir, Berpikir Reflektif, Kemampuan Awal Matematika
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Wiwin Andika
Date Deposited: 16 May 2024 02:45
Last Modified: 16 May 2024 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36648

Actions (login required)

View Item
View Item