Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Student Engagement Pada Siswa SMA Negeri 1 Sabang

Cut Mutia, 180901036 (2023) Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Student Engagement Pada Siswa SMA Negeri 1 Sabang. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Student Engagement Pada Siswa SMA Neger 1 Sabang] Text (Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Student Engagement Pada Siswa SMA Neger 1 Sabang)
RESPITORI_SKRIPSI_CUT MUTIA_180901036- 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Student engagement mengarah pada keterlibatan siswa secara perilaku, emosional, dan kognitif dalam pembelajaran dan menjadi salah satu faktor yang penting untuk meraih kesuksesan belajar pada siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan teman sebaya dengan student engagement pada siswa SMA Negeri 1 Sabang.Jumlah jumlah sampel sebanyak 342 siswa di SMA 1 Sabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportioned stratified randomsampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala dukungan teman sebaya berdasarkan teori solomon dan skala student engagement berdasarkan teori Fredericks, Blumenfeld, dan Paris. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi pearson r = 0,646 dengan nilai p = 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan teman sebaya dengan student engagement pada siswa SMA Negeri 1 Sabang.Berarti semakin tinggi dukungan teman sebaya, maka semakin tinggi student engagement dan semakin rendah dukungan teman sebaya, maka semakin rendah student engagement.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.5 Psikologi Kawula Muda Usia 12 sampai 20 Tahun
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Cut Mutia Cut
Date Deposited: 16 May 2024 02:41
Last Modified: 16 May 2024 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36653

Actions (login required)

View Item
View Item