Perancangan Pesantren Tahfidz Qur’an Dan Enterpreneur Dengan Pendekatan Arsitektur Hijau Di Aceh Besar

M. Hikami, 180701065 (2024) Perancangan Pesantren Tahfidz Qur’an Dan Enterpreneur Dengan Pendekatan Arsitektur Hijau Di Aceh Besar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Perancangan, Pesantren Tahfidz Al-Qur’an, dan Enterpreneur, Arsitektur Hijau.] Text (Perancangan, Pesantren Tahfidz Al-Qur’an, dan Enterpreneur, Arsitektur Hijau.)
M. Hikami, 180701065, FST, ARS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

Pesantren tahfidz Qur’an dan Enterpreneur merupakan kawasan yang menyediakan pendidikan Islam yang berupa tahfidz Al-Qur’an dan keterampilan (Enterpreneur). Perancangan berlokasi di Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Pesantren ini menjadi tempat belajar ilmu agama, pelajaran umum dan enterpreneur karena minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke Pesantren Terpadu, agar anak-anaknya mendapatkan ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum, serta menerapkan keterampilan ke para santri. Sebagai pesantren tahfidz para santri diwajibkan untuk menghafal Al- Qura’an karena fungsi utama pesantren ini yaitu meningkatkan jumlah penghafal Al-Quran serta keterampilan untuk bekalnya para santri dalam menghadapi dunia kerja. Pada tahapan perencanaan dan perancangan pesantren tahfidz Qur’an dan Enterprener dimulai dari tahapan gagasan, pengumpulan data, analisis, pra-rancangan dan pengembangan rancangan. Pesantren tahfidz quran dan enterpreneur ini terdiri dari beberapa massa bangunan yaitu: bangunan masjid, gedung kelas laki- laki dan perempuan, kantor, asrama laki-laki dan perempuan, rumah pimpinan, dapur dan tempat makan, green house dan lapangan olahraga. Dengan meletakkan masjid di tengah agar mudah di akses oleh santri perempuan dan laki-laki dan penduduk di sekitar kawasan pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: M.Hikami Ami
Date Deposited: 16 May 2024 03:09
Last Modified: 16 May 2024 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36669

Actions (login required)

View Item
View Item