Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sumber Energi dan Perubahannya di Kelas IV SDN Seleukat Aceh Selatan

Fitri Atina, 190209084 (2024) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sumber Energi dan Perubahannya di Kelas IV SDN Seleukat Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Fitri Atina, 190209084 (2024).pdf] Text
Fitri Atina, 190209084 (2024).pdf

Download (1MB)

Abstract

Upaya guru adalah suatu usaha yang dilakukan guru untuk mendidik dan membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, untuk mencapai tujuan pembelajaran pada materi sumber energi dan perubahannya. Kesulitan belajar adalah bentuk ketidakmampuan seorang siswa dalam belajar yang disebabkan oleh beberapa hal sehingga mempengaruhi hasil dan tujuan belajar siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini memiliki ciri khusus terkait tujuannya yaitu untuk mendeskripsikan mengenai segala sesuatu yang memang berkaitan dengan realita yang ada di lapangan terkait upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi sumber energi dan perubahannya di kealas IV SDN Seleukat Aceh Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar yaitu ada dari faktor internal yang menurut guru seperti tingkat daya ingat yang lemah dan menurut siswa seperti adanya rasa tertekan. Sedangkang faktor ekternal menurut guru dan siswa yaitu berasal dari faktor lingkungan sekolah atau lingkungan belajar siswa, seperti adanya gangguan atau kegaduhan, siswa yang suka berbicara dan mengganggu pada saat belajar. (2) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa adalah melakukan pengulangan materi atau melakukan refleksi, memaksimalkan media dan metode pembelajaran, mengadakan game atau ice breaking, melakukan kerjasama dengan orang tua siswa dan memberikan peningkatan motivasi. Sedangkan menurut siswa upaya yang dilakukan guru seperti melakukan permainan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.8 Pelajaran Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fitri Atina Fitri
Date Deposited: 20 May 2024 03:18
Last Modified: 20 May 2024 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36702

Actions (login required)

View Item
View Item