Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Kelas II MIN 9 Aceh Besar

Diah Nazariah, 190209042 (2024) Penggunaan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Kelas II MIN 9 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Diah Nazariah, 190209042 (2024).pdf] Text
Diah Nazariah, 190209042 (2024).pdf

Download (3MB)

Abstract

Membaca merupakan salah satu sarana bagi siswa untuk mempelajari suatu hal yang belum diketahui dan dapat memperluas ilmu pengetahuan. Pembelajaran membaca permulaan pada kelas rendah sering ditemukan permasalahan, diantaranya siswa tidak lancar membaca. Masih ada siswa kelas II MIN 9 Aceh Besar yang belum tuntas dalam membaca permulaan dan tidak memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu 68. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan kemampuan membaca siswa dengan penggunaan media kartu huruf di kelas II. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi empat tahap yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II MIN 9 Aceh Besar sebanyak 16 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan lembar tes dengan rumus klasikal. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus I dengan nilai persentase 72,82% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 93,47% dalam kategori baik sekali. Aktivitas siswa pada siklus I dengan persentase 64,13% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 86,95% dalam kategori baik sekali. Sedangkan hasil tes kemampuan membaca permulaan siswa pada siklus I sebesar 68,75%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5% dalam kategori baik sekali. Berdasarkan data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Diah Nazariah Diah
Date Deposited: 20 May 2024 03:21
Last Modified: 20 May 2024 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36704

Actions (login required)

View Item
View Item