Strategi Guru PAI dalam Membina Akhlak Berbicara Siswa SMAN 1 Darul Imarah

Mauzira Ulfa, 190201120 (2023) Strategi Guru PAI dalam Membina Akhlak Berbicara Siswa SMAN 1 Darul Imarah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Strategi, Membina, Akhlak berbicara] Text (Strategi, Membina, Akhlak berbicara)
Mauzira Ulfa, 190201120, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Di zaman sekarang ada begitu banyak hal yang dapat menimbulkan pengaruh buruk terhadap karakter dan akhlak berprilaku maupun berbicara bagi generasi muda khususnya siswa/i yang sedang berada di bangku sekolah. Oleh karenanya seorang guru khususnya guru pendidikan agama harus mampu membentuk karakter dan membina akhlak yang baik pada peserta didiknya, yang mana untuk mencapainya guru harus memiliki strategi atau metode yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi guru PAI dalam membina akhlak berbicara siswa SMAN 1 Darul Imarah. Penelitian ini menggunakan mix method. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi guru PAI dalam membina akhlak berbicara siswa SMAN 1 Darul Imarah adalah menjadi contoh teladan bagi siswa, memberikan teguran kepada siswa yang berbicara tidak sopan, mengadakan kajian mengenai akhlakul karimah, menyampaikan nasehat dan motivasi terkait akhlak berbicara melalui tempelan kata-kata mutiara di sekolah, serta memberikan nasehat melalui grup WhatsApp. Adapun faktor yang mempengaruhi akhlak berbicara siswa yaitu pengaruh keluarga 10,52% dengan alternatif sangat setuju, pengaruh lingkungan 36,84%, pengaruh media sosial 5,26% dan pembinaan guru di sekolah15,78% serta tidak ada jam pelajaran khusus yang mempelajari tentang akhlak berbicara. Kemudian dampak penerapan strategi guru dalam membina akhlak berbicara siswa menghasilkan dampak yang positif bagi siswa. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang telah mengamalkan akhlak berbicara yang baik membuat proses pembelajaran menjadi optimal dengan menjaga cara berbicara dengan teman dan guru dikelas serta mendapat dampak diluar kelas dengan minimnya pengaduan dan kasus perselisihan yang terjadi antara siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mauzira Ulfa Mauzira
Date Deposited: 21 May 2024 03:12
Last Modified: 21 May 2024 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36716

Actions (login required)

View Item
View Item