Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Media Kartu Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca (Penelitian Eksperimen di MTsN 2 Aceh Besar)

Rodhatun Mahyun, 200202015 (2024) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Media Kartu Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca (Penelitian Eksperimen di MTsN 2 Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Tipe  Jigsaw, Metode Kartu Tanya Jawab, Keterampilan Membaca] Text (Tipe Jigsaw, Metode Kartu Tanya Jawab, Keterampilan Membaca)
Rodhatun Mahyun, 200202015, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di MTsN 2 Aceh Besar, peneliti menemukan banyak siswa kelas VIII- 4 merasa kesulitan dalam membaca teks berbahasa Arab dan memahami isinya. Sedikitnya penerapan model pembelajaran dan media pembelajaran membuat siswa merasa bosan ketika mempelajari bahasa Arab, khususnya pada keterampilan membaca. Oleh karena itu, peneliti mencoba mengatasinya melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Menggunakan Media Kartu Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran maharah qiraah terhadap penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media kartu tanya jawab, dan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan kooperatif tipe Jigsaw menggunakan media kartu tanya jawab untuk meningkatkan keterampilan membaca. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis One Group Pretest Posttest Design. Adapun alat dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan lembar observasi langsung serta tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Media Kartu Tanya Jawab untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Di MTsN 2 Aceh Besar memperoleh nilai sangat baik. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan langsung (observasi) terhadap kegiatan guru sebesar 95% dan pada kegiatan siswa sebesar 92,5%. Penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif gaya Jigsaw dengan media kartu tanya jawab efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca MTsN 2 Aceh Besar, dengan hasil pre-test dan post-test adalah dengan tingkat signifikansi Sig. (2-tailed) 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rodhatun Mahyun Mahyun
Date Deposited: 21 May 2024 02:39
Last Modified: 21 May 2024 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36718

Actions (login required)

View Item
View Item