Evaluasi Pembelajaran Program Pendidikan Diniyah dalam Pembentukan Akhlak Siswa SMPN 19 Percontohan Banda Aceh

Reza Arrais, 191003025 (2024) Evaluasi Pembelajaran Program Pendidikan Diniyah dalam Pembentukan Akhlak Siswa SMPN 19 Percontohan Banda Aceh. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Evaluasi Pembelajaran Program  Pendidikan Diniyah] Text (Evaluasi Pembelajaran Program Pendidikan Diniyah)
Tesis Reza Arrais.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreatifitas guru dalam menyampaikan materi dan informasi dan belum mampu menjadi teladan bagi siswa serta diiringi dengan kurangnya kedisiplinan guru dalam melaksanakan tugasnya. Pemerintah kota Banda Aceh, dalam hal ini Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kota Banda Aceh telah membentuk sebuah program pendidikan, yaitu program pendidikan diniyah sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Walikota Banda Aceh Nomor 3 Tahun 2012 dengan maksud untuk memperkuat keimanan dan akhlak mulia siswa dalam rangka mencerdaskan kehidupan berbangsa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap proses belajar mengajar dalam upaya membentuk akhlak siswa SMPN 19 Percontohan Banda Aceh melalui program pendidikan diniyah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran program pendidikan diniyah dalam pembentukan akhlak siswa dan bagaimana realitas akhlak siswa setelah mengikuti pembelajaran program pendidikan diniyah pada SMPN 19 Percontohan Banda Aceh. Model evaluasi yang digunakan yaitu CSE-UCLA (Center for Study of Evaluation, University of California in Los Angeles) dengan memasukkan lima dimesi, yaitu system assessment, program planning, program implementation, program improvement dan program certification. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif (deskriptif). Instrumen yang digunakan yaitu dokumentasi, lembar wawancara dan observasi. Hasil penelitian evaluasi ialah system assessment masuk pada kategori baik, program planning masuk pada kategori baik, program implementation masuk pada kategori baik, program improvement masuk pada kategori baik dan program certification masuk pada kategori baik. Simpulan hasil penelitian bahwa secara umum, seluruh dimensi evaluasi berkategori baik. Rekomendasi penelitian ini untuk peneliti selanjutnya adalah melakukan penelitian dengan model dan pendekatan evaluasi yang berbeda agar mendapatkan hasil yang optimal dalam penelitian evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reza Arrais Reza
Date Deposited: 21 May 2024 04:04
Last Modified: 21 May 2024 04:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36769

Actions (login required)

View Item
View Item