Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Pada Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar

Khairatin Nisa, 170209047 (2022) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Pada Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Model Children Learning in Science, Hasil Belajar IPA] Text (Model Children Learning in Science, Hasil Belajar IPA)
Khairatin Nisa, 170209047, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA di Madrasah Ibtidaiyah disebabkan oleh kekurangan pada proses kegiatan pembelajaran, seperti kurangnya penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi dalam proses pembelajaran sehingga tidak melatih siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan sebuah tindakan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar melalui model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di kelas IV-1 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil test. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditentukan maka persentase lembar observasi aktivitas guru pada siklus I ( 90%) termasuk dalam katagori baik sekali dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar ( 98,3%) yaitu dalam katagori baik sekali. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I (90%) termasuk dalam katagori baik sekali dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar (98,3%) yaitu dalam katagori baik sekali. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata (56%) termasuk katagori cukup namun secara klasikal belum tuntas dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata (84%) termasuk katagori baik sekali dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIN 20 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khairatin Nisa Khaira
Date Deposited: 28 May 2024 02:06
Last Modified: 28 May 2024 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36850

Actions (login required)

View Item
View Item