Muhammad Haikal, 170212185 (2024) Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II SD Negeri Langgo. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Pengaruh Pemanfaatan Multimedia Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II SD Negeri Langgo]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Haikal, 170212185, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
Multimedia interaktif adalah cara sinergis teks, gambar, grafik, dan suara yang terintegrasi menggunakan perangkat komputasi dan lainnya untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu ketika pengguna dapat berinteraksi secara aktif dengan program. Program pembelajaran yang mencakup kombinasi video, animasi, dan simulasi. Materi tersebut diwujudkan melalui konten multimedia interaktif, yang sangat membantu siswa untuk memahami konsep dan materi yang abstrak. Multimedia interaktif bertujuan untuk dapat memberikan alternatif dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa, terutama yang berkaitan dengan kebutuhan media pembelajaran yang mengidentifikasi materi pembelajaran yang dapat merangsang minat dan pembelajaran aktif siswa. Selain itu, multimedia interaktif dapat memvisualisasikan ide dan konsep, memungkinkan siswa untuk terlibat langsung dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama kelas II SD Negeri Langgo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research), yang menggunakan media pembelajaran PAI dalam proses pembelajarannya dengan menggunakan desain penelitian kelompok pre-test dan post-test. Desain kelompok pre-test dan post-test terdiri dari kelompok-kelompok tertentu dengan jumlah sampel 21 siswa di SD Negeri Langgo. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa hasil pembelajaran PAI yang menggunakan media yang berupa power point diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,57 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50, sedangkan nilai dari pretest yang tidak menggunakan media power point memiliki nilai rata-rata sebesar 56,19 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 40. Sehubungan dengan penelitian ini, penulis menyarankan para guru Pendidikan Agama Islam harusnya lebih meningkatkan intensitasnya di dalam penggunaan multimedia interaktif sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran agar tercipta suasana nyaman dan menyenangkan sehingga akan meningkatkan pemahaman belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Multimedia Interaktif, Siswa, konsep belajar |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Muhammad Haikal |
Date Deposited: | 29 May 2024 02:46 |
Last Modified: | 29 May 2024 02:46 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36871 |