Implementasi Media Membaca Ideovisual Oleh Guru Dalam Gerakan Literasi Sekolah Untuk Siswa Difabel Rungu Di Sekolah Luar Biasa B (SLB-B) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Banda Aceh

Safura Maula Ardhian, 190503038 (2024) Implementasi Media Membaca Ideovisual Oleh Guru Dalam Gerakan Literasi Sekolah Untuk Siswa Difabel Rungu Di Sekolah Luar Biasa B (SLB-B) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Implementasi Media Membaca Ideovisual Oleh Guru Dalam Gerakan Literasi Sekolah Untuk Siswa Difabel Rungu Di Sekolah Luar Biasa B (SLB-B) Yayasan Pembinaan  Anak Cacat (YPAC) Banda Aceh] Text (Implementasi Media Membaca Ideovisual Oleh Guru Dalam Gerakan Literasi Sekolah Untuk Siswa Difabel Rungu Di Sekolah Luar Biasa B (SLB-B) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Banda Aceh)
Safura Maula Ardhian, 190503038, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implementasi Media Membaca Ideovisual oleh Guru dalam Gerakan Literasi Sekolah untuk Siswa Difabel Rungu di Sekolah Luar Biasa B (SLB-B) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Banda Aceh”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media pembelajaran membaca ideovisual pada siswa difabel rungu di SLB-B YPAC Banda Aceh dan kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam penerapan membaca ideovisual di SLB-B YPAC Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru SMALB di SLB-B YPAC Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media membaca ideovisual diimplementasikan pada pembelajaran siswa difabel rungu di SLB-B YPAC Banda Aceh melalui tahapan aktivitas GLS yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam tahapan perencanaan, dilakukan penyesuaian materi dengan kebutuhan siswa dan perencanaan aktivitas gerakan literasi sekolah. Selanjutnya, tahapan pelaksanaan melibatkan penerapan media membaca ideovisual, interaksi guru dan partisipasi siswa dalam gerakan literasi sekolah. Sedangkan dalam tahapan evaluasi, dilakukan penilaian terhadap konsistensi penggunaan media gambar dalam pembelajaran, intensitas penerapan literasi, variasi bahan bacaan, frekuensi peminjaman buku, serta penyajian informasi kepada siswa. Media membaca ideovisual telah menjadi sarana pendukung bagi guru dalam menyampaikan materi sehingga meningkatkan kemampuan literasi siswa difabel rungu. Dalam penerapannya, media membaca ideovisual di SLB-B YPAC Banda Aceh mengalami kendala yang meliputi keterbatasan sarana dan prasarana, keterampilan guru dalam menggunakan media ideovisual dan perbedaan kurikulum belajar. Solusi mengatasi kendala tersebut ialah perlunya pengadaan peralatan, keterlibatan komunitas sekolah dalam menunjang GLS dan penerapan keterampilan guru dalam media membaca ideovisual. Dengan tindakan ini, implementasi media baca ideovisual dapat dikembangkan untuk mendukung pengembangan literasi siswa difabel rungu di SLB-B YPAC Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Safura Maula Ardhian
Date Deposited: 29 May 2024 03:00
Last Modified: 29 May 2024 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36873

Actions (login required)

View Item
View Item