Akibat Hukum Pembatalan Pertunangan Tinjauan Fikih Dan Hukum Adat (Studi Penelitian Di Kec. Trienggadeng Kab. Pidie Jaya)

Azril, 211010023 (2024) Akibat Hukum Pembatalan Pertunangan Tinjauan Fikih Dan Hukum Adat (Studi Penelitian Di Kec. Trienggadeng Kab. Pidie Jaya). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Akibat  Hukum  Pembatalan  Pertunangan Tinjauan Fikih  Dan Hukum Adat] Text (Akibat Hukum Pembatalan Pertunangan Tinjauan Fikih Dan Hukum Adat)
9. Tesis Full Azril.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tesis ini membahas permasalahan tentang pelaksanaan denda akibat pembatalan pertunangan dan tinjauannya hukum Islam dan hukum adat. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap denda akibat pembatalan pertunangan dan mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap denda akibat pembatalan pertunangan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research), Sampul dari populasi adalah para ulama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan aditokoh yang berada di Kecamatan Trienggadeng. Sedangkan yang menjadi sumber data pada penelitian ini ada dua, data primer dan data sekunder. Semua data dikumpulkan dan dianalisa dengan pendekatan dekskriptif kualitatif, yaitu dengan mengemukakan kaidah dan pendapat yang bersifat umum kemudian disimpulkan secara khusus, kemudian disusun, dijelaskan dan dianalisa untuk diambil kesimpulan. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa: Pembatalan pertunangan yang terjadi di Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya boleh di lakukan oleh siapapun, bagi yang membatalkan pertunangan, akan mengutus utusan ke rumah yang bersangkutan untuk menyatakan bahwa pertunangan sudah di batalkan dan tidak di lanjutkan ke jenjang pernikahan. Adapun denda akibat pembatalan pertunangan yang terjadi pada masyarakat Trienggadeng ini merupakan tradisi yang turun menurun sejak nenek moyang, pembatalan disengaja dari pihak perempuan tanpa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.38 Perbandingan Munakahat dengan Hukum Perkawinan Lain
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Hukum Keluarga
Depositing User: Azril Azril
Date Deposited: 29 May 2024 03:54
Last Modified: 29 May 2024 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36875

Actions (login required)

View Item
View Item