Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) di Sekolah Memengah Atas

Emawati, 211002008 (2024) Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) di Sekolah Memengah Atas. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis  Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) di Sekolah Memengah Atas] Text (Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) di Sekolah Memengah Atas)
9. FULL DESERTASI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran wajib pada lembaga Pendidikan, baik Pendidikan di bawah Kementerian Agama maupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Walaupun Pelajaran PAI diajarkan di hampir semua Lembaga Pendidikan, proses pembelajaran PAI masih perlu pengembangan dan perbaikan dalam beberapa aspek penting, diantaranya adalah aspek metode dan media pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan, sebagai bentuk kontribusi terhadap pengembangan pembelajaran PAI berjalan dengan baik. Sebagai pedoman pelaksanaan penelitian ini, peneliti mendesain rumusan masalah yang berhubungan dengan pemahaman, perencanaan, pengembangan dan model pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Atas berbasis konsep TPACK. Permasalahan tersebut dijawab melalui Focus Group Discussion dengan guru PAI, wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan empat expert dalam bidang teknologi Pendidikan. Subjek dan situs penelitian ini terdiri dari empat kepala sekolah, empat expert dan Sembilan Guru PAI dari empat sekolah yang menjadi situs penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan beberapa informasi penting dan menjawab rumusan masalah. Semua Guru PAI yang diwawancarai memahami bahwa teknologi diperlukan dalam mewujudkan pembelajaran PAI yang menarik. Kemudian, subjek penelitian menjelaskan akan pentingnya digitalisasi materi ajar; dan guru yang diwawancarai memahami akan perlunya integrasi teknologi dalam RPP; dan teknologi mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ajar. Selanjutnya, dalam hal perencanaan pembelajaran PAI berbasis teknologi, subjek penelitian menjelaskan bahwa menggunakan strategi Backward Designed Lesson Plan; memastikan ketersediaan teknologi; dan ketepatan dalam memilih media; dan merencanakan secara matang merupakan tahapan penting dalam perencanaan pembelajaran berbasis teknologi. Selanjutnnya, dalam proses pengembangan pembelajaran PAI, terungkap beberepa informasi penting, diantaranya perlu adanya strategi dan kecakapan dalam penggunaan teknologi; memaksimalkan potensi guru; dan pengembangan materi ajar berbasis teknologi. Kemudian, penelitian ini juga menemukan beberapa model pembelajaran terintegrasi teknologi, diantaranya adalah mendesain materi ajar menggunakan platform yang sudah tersedia, seperti Canva, Paddlet, Quiziz dan platform lainnya. Model lainnya yang dapat dikembangkan adalah mendesain materi ajar yang menyenangkan serta penggunaan learning platfrom yang bervariasi, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Emawati Ema
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:41
Last Modified: 03 Jun 2024 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36968

Actions (login required)

View Item
View Item