Komparasi Penafsiran ḤamῙd Al-DῙn Al-Farāhi Dan ‘Āisyah ‘Abdurraḥmān Bint Al-Syāṭi’ Terhadap Ayat Ayat Qasam

Naufal Asyqar Mirda, 200303027 (2024) Komparasi Penafsiran ḤamῙd Al-DῙn Al-Farāhi Dan ‘Āisyah ‘Abdurraḥmān Bint Al-Syāṭi’ Terhadap Ayat Ayat Qasam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Komparasi Penafsiran ḤamῙd Al-DῙn Al-Farāhi Dan ‘Āisyah ‘Abdurraḥmān Bint Al-Syāṭi’ Terhadap Ayat Ayat Qasam] Text (Komparasi Penafsiran ḤamῙd Al-DῙn Al-Farāhi Dan ‘Āisyah ‘Abdurraḥmān Bint Al-Syāṭi’ Terhadap Ayat Ayat Qasam)
Naufal Asyqar Mirda, 200303027, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Qasam sering dilihat di dalam segi kehidupan manusia sebagai pembuktian, tetapi juga refleksi di dalam pemahaman Al-Qur’an. Aktivitas penafsiran terus berkembang begitu juga pada diskursus qasam yang ada pada Al-Qur’an. Contohnya Ḥamīd al-Dīn al-Farāhi dan ‘Āisyah ‘Abdurraḥmān Bint al-Syāṭi’ yang hidup abad modern kontemporer. Keduanya sama sama merekonstruksi ulang pemahaman mufasir klasik dimana cenderung mencari aspek keagungan pada muqsam bih. Tetapi terdapat perbedaan pemikiran oleh keduanya terhadap qasam. Penelitian ini mengkaji pemikiran serta penafsiran keduanya terhadap ayat-ayat qasam, dan menganalisis persamaan dan perbedaan pemikiran keduanya serta hal yang melatarbelakanginya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) berbentuk kualitatif, dengan menggunakan pendekatan analisis komparatif (comparative analisys). Hasil penelitian menunjukkan bahwa al-Farāhi menganggap muqsam bih dengan makhluk sebagai dalil petunjuk serta penjelas terhadap muqsam ‘alaih, sedangkan Bint al-Syāṭi’ menganggapnya sebagai qiyasan dan diperlukan penjelasan secara bayani agar tercapai suatu makna yang diinginkan sesuai dengan keadaan dan kondisi ayat sumpah tersebut. Hal ini dilatarbelakangi oleh masa hidup yang relatif sama dan latar keilmuan yang berbeda. Persamaan keduanya adalah sama sama tidak mencari aspek keagungan pada muqsam bih seperti yang dilakukan oleh para mufasir klasik terdahulu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Naufal Asyqar Mirda
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:35
Last Modified: 05 Jun 2024 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36972

Actions (login required)

View Item
View Item