Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Dua Dimensi (2D) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Cahaya di MTsN 2 Nagan Raya

Ophi Rahmadina, 180204080 (2024) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Dua Dimensi (2D) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Cahaya di MTsN 2 Nagan Raya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Dua Dimensi (2D) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Cahaya di MTsN 2 Nagan Raya] Text (Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Dua Dimensi (2D) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Cahaya di MTsN 2 Nagan Raya)
Skripsi Ophi Rahmadina (180204080) Revisi (3).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

MTsN 2 Nagan Raya sudah menggunakan media berupa video sebagai penunjang pembelajaran namun video tersebut kurang menarik perhatian peserta didik, hal ini terlihat dari rata-rata hasil ulangan pada materi Cahaya adalah 69 dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan di sekolah tersebut adalah 75. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi dua dimensi (2D) terhadap hasil belajar peserta didik dan responnya terhadap penggunaan media pembelajaran animasi dua dimensi (2D). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi-Experimental). Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes dan angket. Soal tes yang digunakan berupa lembaran soal dalam bentuk pilihan ganda (Multiple Choice). Angket diberikan kepada peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran animasi dua dimensi (2D). Berdasarkan analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 76,7 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 53,9. Berdasarkan hasil uji statistika menggunakan IBM SPSS Statictics versi 26,0 melalui uji Independent Sampel T-Test didapatkan nilai Sig. (2-Tailed) pada bagian Equal Variances Assumed dengan nilai signifikannya sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga jika nilai signifikansi < 0,05 maka Ha diterima, artinya media pembelajaran animasi dua dimensi (2D) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Selanjutnya respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran animasi dua dimensi (2D) diperoleh hasil rata-rata sebesar 83,15%. Berdasarkan hasil persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa peserta didik sangat setuju dengan penggunaan media pembelajaran animasi dua dimensi (2D) pada materi Cahaya di MTsN 2 Nagan Raya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ophi Rahmadina Ophi
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:11
Last Modified: 04 Jun 2024 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36978

Actions (login required)

View Item
View Item