Implementasi Penyiangan Koleksi Deposit (Weeding) Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh

Lia Rahmania, 180503101 (2024) Implementasi Penyiangan Koleksi Deposit (Weeding) Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Implementasi Penyiangan Koleksi Deposit (Weeding) Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh] Text (Implementasi Penyiangan Koleksi Deposit (Weeding) Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh)
Lia Rahmania, 180503101, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Implementasi Penyiangan Koleksi Deposit (Weeding) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh”. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui implementasi penyiangan koleksi deposit (Weeding) di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa (1) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh telah mengimplementasikan penyiangan koleksi deposit sebanyak 223 koleksi sejak tahun 2014 yang dilakukan setiap 1 tahun sekali oleh pustakawan khusus bagian penyiangan koleksi, (2) Kendala dalam penyiangan koleksi meliputi ketidaklayakan beberapa buku yang masih dibutuhkan oleh pemustaka, kesalahpahaman terhadap aturan penyiangan, serta keterbatasan waktu dan prosedur yang rumit yang hanya dilakukan setahun sekali, dan (3) Upaya dalam mengatasi kendala penyiangan koleksi adalah dengan membuat sistem identifikasi buku yang sudah tidak layak pakai melalui penandaan yang jelas, sosialisasi efektif terkait tujuan penyiangan, dan pertimbangan untuk membagi proses penyiangan menjadi tahapan kecil yang dapat dilakukan secara rutin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Lia Rahmania
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:57
Last Modified: 04 Jun 2024 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/36997

Actions (login required)

View Item
View Item