Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs

Juari Ardiani Azinar, 261324576 (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
JUARI ARDIANI AZINAR.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (35MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang dituntut dalam NCTM dan tujuan pembelajaran matematika dalam Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014. Namun kenyataannya, kemampuan representasi matematis peserta didik masih rendah. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu model yang menyediakan kesempatan peserta didik untuk merepresentasikan ide/gagasan dari suatu masalah yang diberikan. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti di tiga SMP/MTs kota Banda Aceh, sudah ada perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning namun masih ada kegiatan dalam RPP yang belum sesuai dengan sintak Problem Based Learning dan belum tersedia perangkat pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk merepresentasikan ide/gagasannya, maka diperlukan suatu pengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk memudahkan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model Problem Based learning untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik SMP/MTs yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kevalidan yang diperoleh dari hasil analisis penilaian validator yang mencapai kriteria baik untuk RPP, sedangkan untuk LKPD, Bahan Ajar dan Lembar evaluasi memenuhi kriteria sangat baik. Kepraktisan terlihat dari penilaian validator yang menyatakan bahwa perangkat pembelajaran dapat diterapkan. Selain itu kriteria kepraktisan juga dilihat dari hasil analisis respon guru terhadap perangkat pembelajaran, diperoleh rata-rata 4,17 dengan kriteria sangat baik sehingga dikatakan praktis. Oleh karena itu perangkat pembelajaran dikatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. M. Duskri, M. Kes; 2. Khairatul Ulya, S.Pd.I, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran, Kemampuan Representasi Matematis
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Juari Ardiani Azinar
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:20
Last Modified: 30 Apr 2018 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3703

Actions (login required)

View Item
View Item