Kegiatan Belajar Membaca Al-Qur’an Di Kalangan Ibu-Ibu Paruh Baya Dayah Al-Ikhlas Desa Neuheun Kabupaten Aceh Besar

Wida Mutija, 200303156 (2024) Kegiatan Belajar Membaca Al-Qur’an Di Kalangan Ibu-Ibu Paruh Baya Dayah Al-Ikhlas Desa Neuheun Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kegiatan Belajar Membaca  Al-Qur’an Di Kalangan Ibu-Ibu Paruh Baya Dayah Al-Ikhlas Desa Neuheun Kabupaten Aceh Besar] Text (Kegiatan Belajar Membaca Al-Qur’an Di Kalangan Ibu-Ibu Paruh Baya Dayah Al-Ikhlas Desa Neuheun Kabupaten Aceh Besar)
Wida Mutija, 200303156, FUF, IAT.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Mempelajari al-Qur’an merupakan hal yang sudah ditanamkan kepada seorang muslim sejak usia kanak-kanak. Namun, tidak semua orang mendapatkannya. Beda halnya jika mempelajari al-Qur’an mulai dari usia dewasa yang mulai mengalami penurunan kondisi fisik dan psikis. Namun, di Dayah al-Ikhlas Desa Neuheun terdapat sebuah kegiatan belajar membaca al-Qur’an khusus diikuti oleh ibu-ibu paruh baya yang ternyata sudah berlangsung sejak lama. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin melihat bagaimana proses pelaksanaan kegiatan belajar membaca al-Qur’an dan faktor penghambat serta faktor pendukung yang mempengaruhi proses pelaksanaan kegiatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, menggunakan metode deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan belajar membaca al-Qur’an ini dilaksanakan dengan metode baca simak dan metode tanya jawab sudah efektif diterapkan. Selain itu, penulis menemukan bahwa peserta ibu-ibu paruh baya ini dapat mengatasi faktor-faktor yang menghambat proses pembelajaran mereka diantaranya karena faktor fisiologis, intelektual dan lingkungan dengan faktor-faktor yang mendukung secara psikologis yaitu dengan niat belajar yang sungguh-sungguh, minat yang besar dan motivasi yang kuat yang membuat mereka bertahan dan masih melangsungkan kegiatan ini sejak lama hingga saat ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Belajar al-Qur’an, Usia Paruh Baya.
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Wida Mutija
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:07
Last Modified: 06 Jun 2024 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37116

Actions (login required)

View Item
View Item