Peningkatan Kemampuan Berargumentasi dengan Metode Debat Aktif Menggunakan Media Animasi Gambar Siswa Kelas IV MIN 32 Aceh Besar

Nuril Yani, 201325181 (2017) Peningkatan Kemampuan Berargumentasi dengan Metode Debat Aktif Menggunakan Media Animasi Gambar Siswa Kelas IV MIN 32 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
NURIL YANI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (803kB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi penelitian pada MIN 32 Aceh Besar, penulis melihat masalah kemampuan berargumentasi siswa masih kurang efektif, kurangnya kemampuan berargumentasi disebabkan ketika pembelajaran terlalu didominasi oleh guru dan tidak memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dalam proses berpikirnya, siswa hanya diam dan tidak berani memberikan argumentasinya terhadap materi yang diberikan. Siswa hanya mendengarkan saja apa yang disampaikan oleh guru tanpa mengetahui makna dari materi yang disampaikan. Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang lebih efektif dengan menerapkan metode debat aktif menggunakan media animasi gambar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa dengan metode debat aktif menggunakan media animasi gambar siswa kelas IV MIN 32 Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi dengan metode debat aktif menggunakan media animasi gambar siswa kelas IV MIN 32 Aceh Besar. (3) Untuk mengetahui penerapan metode debat aktif dalam meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa menggunakan media animasi gambar siswa kelas IV MIN 32 Aceh Besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 2,48 dalam kategori kurang, siklus II meningkat dengan nilai 2,92 dalam kategori baik, dan siklus III meningkat dengan nilai 3,62 dalam kategori baik sekali.(2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 2,15 dalam kategori kurang, pada siklus II meningkat menjadi 2,65 berada dalam kategori baik, dan pada siklus III memperoleh nilai 3,63 dalam kategori baik sekali.(3) hasil tes siswa pada siklus I sebesar 55 % berada dalam kategori kurang, pada siklus II meningkat menjadi 65% dalam kategori cukup, dan pada siklus III meningkat dengan nilai 80% dalam kategori baik sekali dan siswa telah tuntas secara klasikal. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan metode debat aktif menggunakan media animasi gambar dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa siswa kelas IV MIN 32 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Nurdin Manyak, M. Ag; 2. Silvia Sandi Wisuda Lubis, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Debat Aktif dan Kemampuan Berargumentasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuril Yani
Date Deposited: 30 Apr 2018 02:38
Last Modified: 30 Apr 2018 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3712

Actions (login required)

View Item
View Item