Aisya Savira, 200202187 (2024) Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dengan Media Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswi (Studi Eksperimen Di MTsS Nurul Falah Meulaboh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dengan Media Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswi (Studi Eksperimen Di MTsS Nurul Falah Meulaboh)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Aisya Savira, 200202187, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Judul skripsi ini adalah: Penerapan Metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) dengan media Power Point Interaktif untuk meningkatkan keterampilan membaca siswi (Studi Eksperimen di Mtss Nurul Falah Meulaboh). Alasan yang mendorong peneliti memilih topik ini adalah karena peneliti di sekolah menengah Nurul Falah tersebut, menurut observasinya, bahwa permasalahan yang dihadapi oleh siswi antara lain pengajaran membaca di kelas dua dilakukan dengan menggunakan metode membaca dan menerjemahkan. Guru membagikan teks kepada siswa perempuan, dan mereka membacanya secara bergantian dan menerjemahkan teks tersebut secara langsung. Peneliti meyakini siswi dapat membaca bahasa Arab dengan benar, namun sebagian besar dari mereka belum memahami teks bahasa Arab. Peneliti berpendapat bahwa penerapan metode membaca kolaboratif dan komposisi terpadu menggunakan PowerPoint Interaktif cocok untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode membaca kolaboratif dan komposisi terpadu menggunakan media (Power Point Interaktif) untuk meningkatkan kemampuan keterampilan membaca siswa di Nurul Falah. Seluruh siswa Sekolah Nurul Falah yang berjumlah 394 orang dikumpulkan dalam penelitian ini, dan peneliti mengambil sampel pada kelas dua (C). Mereka berjumlah 27 siswi. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen dengan One Group Pre-Test and Post-Test Design. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan pre dan post test serta observasi langsung. Pendekatan yang peneliti andalkan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif, dan Adapun hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode membaca kooperatif terpadu dan metode komposisi dengan menggunakan metode (Power Point Interaktif) efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di Sekolah Nurul Falah. Peneliti mengandalkan hasil Uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan menggunakan program “SPSS 26” dan diperoleh hasil tingkat signifikansi. (2-tailed) Sig. 0,000, lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil kegiatan sekolah dan siswa diperoleh bahwa penerapan metode membaca dan komposisi kolaboratif terpadu menggunakan metode (Power Point Interaktif) sangat baik, berdasarkan hasil yang diperoleh yaitu 95%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aisya Savira |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:49 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:49 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37129 |