Efektivitas Situs Web Saluni Id Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Eksperimen Di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas)

Salsabila, 200202144 (2024) Efektivitas Situs Web Saluni Id Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Eksperimen Di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektivitas Situs Web Saluni Id Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Eksperimen Di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas)] Text (Efektivitas Situs Web Saluni Id Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Eksperimen Di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas))
Salsabila, 200202144, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas bahwa motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab tergolong rendah, dan status motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab sangat penting dan esensial karena akan mempengaruhi pembelajarannya.Kurangnya minat siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran Bahasa Arab maka perlu disediakannya sarana pendidikan yang tepat dan menarik agar siswa dapat berpartisipasi dengan baik dalam proses pembelajaran .Oleh sebab itu pada zaman sekarang ini pembelajaran melalui internet lebih menarik karena siswa berpartisipasi dengan baik dalam proses belajar mengajar.Salah satu sarana pembelajaran online adalah Web Saluni id untuk menjadikan pembelajaran bahasa Arab efektif,menyenankgkan,dan guna memudahkan dan memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas jaringan Web Saluni id untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab di kelas II (B) di Ma’had Daarut Tahfidz Al-Ikhlas. Metodologi penelitian yang digunakan peneliti adalah metode eksperimen yang dirancang oleh One Group Pre-Test, Post-Test Design.Peneliti memperoleh hasil Wilcoxon dengan tingkat signifikan Sig.(2-tailed) 0,00 lebih kecil dari tingkat signifikasi 0,05.Hal ini menunjukkan bahwa Hipotesis alternative Ha diterima dan Hipotesis Ho ditolak,juga berdasarkan hasil nilai N-Gain skor sebesar 20 yang berada pada tingkatan sedang,adapun kesimpulannya adalah bahwa Web Saluni id berpengaruh digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Salsabila Salsabila
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:50
Last Modified: 06 Jun 2024 03:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/37131

Actions (login required)

View Item
View Item